Daftar Nababan Tarutung

BORSAK MANGATASI NABABAN

Selamat datang di blog Nababan :"HORAS MARTONGGO TU OPPUNG MULAJADI NABOLON" asa Horas hita....PARTOGI (PARSADAAN TOGA SIHOMBING)dan MARI BERSATU UNTUK MENDUKUNG RENCANA DRS NIKSON NABABAN MAJU DI PILKADA TAPANULI UTARA TAHUN 2013...Tuhan memberkati kita semua.
1. SANDAR NAGODANG NABABAN
2. TUAN SIRUMONGGUR NABABAN

Rabu, 02 Desember 2009

Hujan Deras Guyur Balige

Tobasa (Nababan) - Hujan deras Minggu (29/11) malam yang mengguyur kota Balige sekitarnya mengakibatkan beberapa tempat sempat tergenang air. Dengan derasnya air yang mengalir sekitar daerah Pagar Batu Balige Toba Samosir lokasi TB Silalahi Center, mengakibatkan tembok pembatas “Huta Batak” TB Silalahi Center roboh. Air juga membawa serta merusak bunga dan tanaman yang tumbuh di sekitar rumah-rumah Batak Toba yang telah berumur ratusan tahun itu.

Deras dan besarnya air yang datang dari daerah Hinalang mengakibatkan air menghantam tembok dinding hingga roboh. Ini disebabkan ketidakmampuan parit menampung volume air.
Derasnya air pada malam itu membawa tumpukan sampah mengakibatkan beberapa warga sekitar terpaksa mengungsikan ternak mereka.
Ketua TB Silalahi Center Masrina Silalahi yang ditanya SIB mengatakan, malam itu hujan deras mengguyur Balige sekitarnya. Di saat hujan, air yang mengalir dari daerah Hinalang daerah yang lebih tinggi dari daerah Pagarbatu Silalahi, paritnya tidak mampu menampung air. “Saluran irigasi yang belum permanen dan kurang terkontrol mengakibatkan volume air tidak tertampung apalagi penduduk yang semakin padat,” kata Masrina Silalahi.
Akibat ketidakmampuan saluran air menampung, dampaknya air menghantam tembok pembatas antara Huta Batak TB Silalahi Center dengan pemukiman warga sekitar. “Jika saluran irigasi dan parit tidak segera dibenahi, maka akan sering terjadi banjir di daerah ini,” kata Masrina Silalahi seraya mengatakan sebelumnya saluran air telah ada di daerah itu, namun seiring dengan kepadatan penduduk maka saluran air tidak mampu lagi menampung air jika turun hujan. (SIB/T11/o)

1 komentar:

  1. Horas...! senang bisa menemukan situs nababan ini...
    saya Lisbon Tumpal Pardamean Sihombing(Nababan)
    Nababan no 17 (Balige Raja) ... Kampung Pahae ..
    skrg di bandung 081220899994...
    apabila ad info2 mengenai berita seputar Nababan bisa mengabari kami tulalop@yahoo.com
    lisbon@rumah-contoh.com

    BalasHapus