Daftar Nababan Tarutung

BORSAK MANGATASI NABABAN

Selamat datang di blog Nababan :"HORAS MARTONGGO TU OPPUNG MULAJADI NABOLON" asa Horas hita....PARTOGI (PARSADAAN TOGA SIHOMBING)dan MARI BERSATU UNTUK MENDUKUNG RENCANA DRS NIKSON NABABAN MAJU DI PILKADA TAPANULI UTARA TAHUN 2013...Tuhan memberkati kita semua.
1. SANDAR NAGODANG NABABAN
2. TUAN SIRUMONGGUR NABABAN

Minggu, 27 April 2008

Bupati Taput Tinjau UN di SMK-1 Sipoholon

Ujian Nasional (UN) SMK I Seminarium Sipoholon
Berjalan lancar dan tertib

Tuan Nahoda (dalam berita)

Dengan ditetapkannya pelaksanaan Ujian Nasional di seluruh Indonesia bulan April, maka seluruh sekolah baik swasta maupun Negeri melaksanakan UN dengan serentak. Demikian halnya dengan SMK I dan SMK II swasta HKBP Seminarium Sipoholon yang juga ikut dalam pelaksanan ujian tersebut. Dari hasil pantauan di lapangan sebanyak 188 perserta di SMK-1 Sipoholon yang terdaftar du DPUN, yang mengikuti 187 siswa SMK I mengikuti ujian dari awal hingga akhir, demikian juga dengan guru-guru pengawas melaksanakan tugasnya dengan baik. Demikian laporan Drs Jasman Sinaga Kepala SMK-1 Sipoholon, kepada Bupati Tapanuli Utara Torang Lumbantobing, didampingi oleh :

Ramlan Nababan, AMd.Kom, KTU SMK-1 Sipoholon
Kennedy Lumbantoruan, BA PKS I Bid Kurikulum dan Drs Hulman Purba PKS II SMK-1 Sipoholon, Senada dengan itu juga Gr Samsudin Hutabalian, BA selaku kepala sekolah di SMK II mengatakan sebanyak 22 orang siswanya mengikut ujian dari awal sampai akhir. Menurut Hutabalian, BA siswa yang mengikuti ujian ini tiba di sekolah dengan tepat waktu dan memasuki ruang ujian dengan tertib. Harapan di benak hati mereka adalah mendapat hasil yang baik . Peppy Sinaga salah satu siswa SMK II mewakili teman-temannya yang mengikuti ujan ini berkomentar bahwa soal-soal UN ini lumayan sulit, namun dirinya mengatakan dari seluruh soal hampir 85 % dapat dikerjakan dengan baik. Tentu dengan persiapan yang cukup baik sebelum ujian. Pada hari terakhir pelaksanan ujian di sekolah ini Bupati Taput Torang Lumban Tobing menyempatkan diri meninjau pelaksanaan ujian di SMK I dan SMK II Sipoholon ini. Para guru dan pengawas sangat ramah ketika pak Bupati menyapa mereka dengan selamat pagi. Bupati juga memasuki ruang kelas dan menyaksikan langsung siswa sedang menyelesaikan soal-soal ujian. Bupati meninggalkan ruang kelas sambil berkata: selamat ujian putra-putri Taput! Turut dalam rombongan Bupati ini adalah Kadis Pendidikan Taput Dra Mariani Simorangkir, MPd, Kapolres Taput AKBP Drs Edi Napitupulu, MSi dan beberapa pejabat Taput lainnya, termasuk Camat Sipoholon Drs.Marconis Siregar. Bagi SMK I dan SMK II ini ujian berakhir pada hari ini (24 April 2008 yang dimulai sejak selasa 22 April 2008). Lokasi SMK I dan SMK II ini sangat strategis dalam pelaksanaan ujian karena didukung dengan suasana kondusif, jauh dari kebisingan, keramaian penduduk. Hanya saja beberapa gedung kurang memadai dan perlu mendapat perhatian. Samsudin Hutabalian, BA menyampaikan permohonan secara lisan kepada bapak Bupati supaya gedung di sekolah ini dapat dibantu. Sebab satu-satunya SMK swasta di Tapanuli Utara yang mempunyai mutu paling baik adalah SMK -1 HKBP Seminarium Sipoholon dan yang mempunyai web site di Tapanuli Utara. Hal ini disebabkan oleh dukungan dan kerjasama dengan lembaga pendidikan teologi di Seminarium, antara lain, Sekolah Guru Huria (SGH) dan Sekolah Pendeta (Sekpen) HKBP Sipoholon, SD HKBP dan SMP HKBP Sipoholon. Mahasiswa Sekolah Pendeta HKBP setiap hari Sabtu memimpin kebaktian kepada para siswa dan kepada guru dan pegawai di sekolah swasta milik HKBP ini. Kemajuan lain di sekolah ini adalah tersedianya sarana komunikasi melalui internet. Serta ruang komputer bagi para siswa. Setiap siswa telah menguasai komputer dan menggunakan media internet. Para guru pengajar di sekolah ini adalah guru-guru yang berpengalaman di bidangnya dan sudah mempunyai pengalaman mengajar 15-20 tahun. Perlu diketahui bahwa ke depan Seminarium Sipoholon akan menjadi pusat pendidikan dan pelatihan andalan di Tapanuli utara tentunya dengan dukungan Pemerintah dan waga jemaat HKBP serta para alumni Seminarium Sipoholon.
Seusai pelaksanaan UN ini masing-masing kepala sekolah memberikan bimbingan dan pengarahan kepada seluruh siswa yang mengikuti ujian. Serta mengumumkan pelaksanaan ujian sekolah yang akan dilaksanakan pada tanggal 7 s/d 9 Mei 2008 mendatang.

dir smk 1 memberikan arahan1_1.jpg

Kepala Sekolah SMK I HKBP Sipoholon Drs Jasman Sinaga, memberikan bimbingan pengarahan seusai UN (foto:R.Nababan, AMd)

Selamat bagi siswa-siswa SMK I HKBP Sipoholon, teruskan perjuanganmu, bangun BONA PASOGIT. Tuhan memberkati.

foto_bersama_siswa_dan_dir_smk2_hkbp.jpg

Kepala Sekolah SMK II HKBP Gr Samsudin Hutabalian, BA, beserta murid berfoto bersama seusai UN(foto:R Nababan, AMd)

Pemred web site Nababan : R Nababan, BSc

1 komentar:

  1. KONSEP DASAR MANAJEMEN BISNIS
    1. Mengetahui konsep dasar manajemen dan mengapa manajemen diperlukan dalam sebuah organisasi bisnis.

    2. Mengetahui konsep manajemen secara fungsional yang mencakup kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengimplementasian, serta pengendalian dan pengawasan.

    3. Mengetahui konsep manajemen secara operasional dalam organisasi bisnis yang mencakup manajemen sumber daya manusia, manajemen produksi atau operasi,manajemen pemasaran, dan manajemen keuangan.



    Pengertian Organisasi
     Organisasi adalah sekelompok orang yang bekerjasama dalam struktur dan kordinasi tertentu dalam mencapai serangkaian tujuan tertentu.(Griffin,2002).

     Sekumpulan orang atau kelompok yang memiliki tujuan tertentu dan berupaya untuk mewujudkan tujuannya tersebut melalui kerjasama. (Ernie&Kurniawan,2005).
    Jenis-jenis Organisasi
     Organisasi Profit
     Perusahaan Besar
     Perusahaan manufaktur, Bank Umum, Perusahaan Asuransi, Perusahaan Ritel, dll
     Perusahaan Kecil
     Koperasi
     Perusahaan Multinasional
     Dll

     Organisasi Non Profit/Nirlaba
     Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Pemerintah Kota
     Lembaga Pendidikan Negeri
     Yayasan Sosial,
     dll
    Pengertian Manajemen
     Seni dalam menyelesaikan sesuatu melalui orang lain (Follet,1997)

     Sebuah proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui rangkaian kegiatan berupa perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian orang-orang serta sumber daya organisasi lainnya (Nickels, McHugh and McHugh ,1997)

     Seni atau proses dalam menyelesaikan sesuatu yang terkait dengan pencapaian tujuan. (Ernie&Kurniawan, 2005)
    Faktor-faktor dalam Pencapaian Tujuan
     Adanya penggunaan sumber daya organisasi, baik sumber daya manusia, maupun faktor-faktor produksi lainnya. Sumber daya tersebut meliputi sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber daya keuangan, serta informasi (Griffin,2002)

     Adanya proses yang bertahap dari mulai perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengimplementasian, hingga pengendali an dan pengawasan.

     Adanya seni dalam menyelesaikan pekerjaan.

    Sumber Daya Organisasi
     Sumber Daya Manusia,
     Sumber Daya Informasi,
     Sumber Daya Fisik,
     Sumber Daya Keuangan,
     Sumber Daya Alam,
     Dll.
    Pengertian Efektif dan Efisien (Drucker)
    Efektif :
     mengerjakan pekerjaan yang benar atau tepat
    Efisien :
     mengerjakan pekerjaan dengan benar atau tepat
    Fungsi-fungsi Manajemen
     Perencanaan (Planning),
     Pengorganisasian (Organizing),
     Pengarahan dan pengimplementasi an (Directing/Leading),
     Pengawasan dan Pengendalian (Con trolling).
    Fungsi Perencanaan
     Proses yang menyangkut upaya yang dilakukan untuk meng antisipasi kecenderungan di masa yang akan datang dan penentuan strategi dan taktik yang tepat untuk mewujudkan target dan tujuan organisasi.
    Kegiatan dalam Fungsi Perencanaan
     Menetapkan tujuan dan target bisnis
     Merumuskan strategi untuk mencapai tujuan dan target bisnis tersebut.
     Menentukan sumber-sumber daya yang diperlukan.
     Menetapkan standar / indikator keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis.
    Fungsi Pengorganisasian
     proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh, sistem dan lingkungan organisasi yang kondusif, dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien guna pencapaian tujuan organisasi.
    Kegiatan dalam Fungsi Pengorganisasian
     Mengalokasikan sumber daya, merumuskan dan menetapkan tugas, dan menetapkan prosedur yang diperlukan.

     Menetapkan struktur organisasi yang menunjukkan adanya garis kewenangan dan tanggungjawab.

     Kegiatan perekrutan, penyeleksian, pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia/tenaga kerja.

     Kegiatan penempatan sumber daya manusia pada posisi yang paling tepat.
    Fungsi Pengarahan dan Implementasi
     Proses implementasi program agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggungjawabnya dengan penuh kesadaran dan produktifitas yang tinggi.
    Kegiatan dalam
    Fungsi Pengarahan dan Implementasi
     Mengimplementasikan proses ke pemimpinan, pembimbingan, dan pemberian motivasi kepada tenaga kerja agar dapat bekerja secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan.

     Memberikan tugas dan penjelasan rutin mengenai pekerjaan.

     Menjelaskan kebijakan yang ditetapkan
    Fungsi Pengawasan dan Pengendalian
     Proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan dan diimplementasikan dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan dunia bisnis yang dihadapi.
    Kegiatan dalam
    Fungsi Pengawasan dan Pengendalian
     Mengevaluasi keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan.

     Mengambil langkah klarifikasi dan koreksi atas penyimpangan yang mungkin ditemukan.

     Melakukan berbagai alternatif solusi atas berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian tujuan dan target bisnis
    Kegiatan dalam Fungsi-fungsi Manajemen

    Sumber Daya Organisasi, Tujuan, dan Fungsi-fungsi Manajemen
    Perbedaan pandangan dalam
    Fungsi-fungsi Manajemen
    Fungsi Operasional dalam Manajemen
     Manajemen Sumber Daya Manusia,
     Manajemen Pemasaran,
     Manajemen Operasi/Produksi,
     Manajemen Keuangan,
     Manajemen Informasi.
    Manajemen Sumber Daya Manusia
     Manajemen Sumber Daya Manusia adalah penerapan manajemen berdasarkan fungsinya untuk memperoleh sumber daya manusia yang terbaik bagi bisnis yang kita jalankan dan bagaimana sumber daya manusia yang terbaik tersebut dapat dipelihara dan tetap bekerja bersama kita dengan kualitas pekerjaan yang senantiasa konstan ataupun bertambah.
    Manajemen Pemasaran
     Manajemen Pemasaran adalah kegiat an manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk mengidentifikasi apa sesungguh nya yang dibutuhkan oleh konsumen, dana bagaimana cara pemenuhannya dapat diwujudkan.
    Manajemen Produksi
     Manajemen Produksi adalah penerap an manajemen berdasarkan fungsinya untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan standar yang ditetapkan berdasarkan keinginan konsumen, dengan teknik produksi yang seefisien mungkin, dari mulai pemilihan lokasi produksi hingga produk akhir yang dihasilkan dalam suatu proses produksi.
    Manajemen Keuangan
     Manajemen Keuangan adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk memastikan bahwa kegiatan bisnis yang dilakukan mampu mencapai tujuannya secara ekonomis yaitu diukur berdasarkan profit.

    Tugas manajemen keuangan diantaranya merencanakan dari mana pembiayaan bisnis diperoleh, dan dengan cara bagaimana modal yang telah diperoleh dialokasikan secara tepat dalam kegiatan bisnis yang dijalankan.
    Manajemen Informasi
     Manajemen Informasi adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha memastikan bahwa bisnis yang dijalankan tetap mampu untuk terus bertahan dalam jangka panjang. Untuk memastikan itu manajemen informasi bertugas untuk menyediakan seluruh informasi yang terkait dengan kegiatan perusahaan baik informasi internal maupun eksternal, yang dapat mendorong kegiatan bisnis yang dijalankan tetap mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di masyarakat .

    BalasHapus